Friday, 17 February 2012

Perbedaan Not Balok dan Not Angka Dalam Bermain Piano !

Dalam bermain piano / keyboard, umumnya dibutuhkan partitur yang menunjukkan not dan akor / kunci yang harus dimainkan. Kadang orang masih bingung dengan penulisan not angka dan not balok. Not balok sering dianggap sulit dan membingungkan sedangkan not angka mudah, sehingga orang yang bisa membaca not balok dianggap hebat. Apakah memang demikian ? Venny Music akan membahas tentang perbedaan not balok dan not angka dan mengapa suatu partitur ditulis dalam not balok maupun not angka.
Kelebihan not balok :
- Mampu menunjukkan posisi not dengan jelas sehingga tidak akan tertukar posisi nada rendah dan nada tinggi.
- Mampu menunjukkan nilai not secara tepat dengan adanya gambar bendera, blok hitam atau putih pada kepala not.
- Dapat dipahami oleh orang lain di seluruh dunia. Bisa dikatakan not balok merupakan bahasa musik universal yang dapat diterima oleh semua orang di seluruh dunia. Ini bisa dianalogikan dengan bahasa Inggris yang menjadi bahasa universal di seluruh dunia.
Kelemahan not balok :
- Penulisannya lebih lama dan sulit.
- Bagi yang belum terbiasa, memainkan lagu dengan not balok terasa lebih sulit.



Kelebihan not angka :
- Penulisannya mudah dan cepat.
- Kode angka lebih mudah dipahami bagi sebagian besar orang, terutama bagi pemula di bidang musik.
Kelemahan not angka :
- Tidak bisa menunjukkan posisi not pada tuts piano dengan tepat. Posisi nada tinggi biasanya hanya diberi tanda titik di atas angka, dan posisi nada rendah biasanya diberi tanda titik di bawah angka. Seringkali tanda titik tidak jelas sehingga menyulitkan pembacaan not.
- Kurang jelas menunjukkan nilai not atau ketukan karena hanya berupa angka-angka, berbeda dengan not balok yang berupa gambar dan bisa ditambah-tambahi (bendera, blok hitam atau putih pada kepala not).

Jadi musik yang ditulis dengan not balok akan lebih mudah dipahami oleh orang lain di seluruh dunia. Lalu bagaimana bisa membaca not balok dengan lancar ? Mungkin itu pertanyaan pada umumnya. Seperti halnya belajar bahasa Inggris, jika tidak pernah digunakan untuk bercakap-cakap maka akan mudah lupa. Musik yang ditulis dalam not balok jika tidak sering dimainkan juga akan mudah lupa dan terasa sulit. Kuncinya hanya pada latihan dan latihan terus-menerus. Not balok hanya mempermudah orang untuk mengetahui posisi not, sehingga dapat menangkap maksud penulis lagu dengan baik. Menghafal not balok mungkin saat itu bisa, namun spontanitas dalam membaca not (istilahnya : sight reading) akan kurang baik bila dibandingkan dengan orang yang sering memainkannya. Bagi yang belum terbiasa membaca not balok, jangan kecil hati. Teruslah berlatih memainkan lagu dengan membaca not balok. Lama-kelamaan pasti lancar. Selamat berlatih.

sumber

Read more: http://emprorerfaisal.blogspot.com/2011/11/perbedaan-antara-not-balok-dan-not.html#ixzz1md2KbKHp Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Reactions:

1 comments:

boleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow

note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!

Feed my fish and hamster (beri makan ikan & hamster saya ya!)

free counters

About

free counters