education

Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan Tubuh Anda

08:04 Ardiya

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ1B3FUiQ7m4ZYzYGUQG-cYqALDukPtYfptV7BxdflB47Ol7rwu
Sukakah Anda dengan makanan pedas? Atau bahkan makanan pedas merupakan kebutuhan bagi Anda ketika makan? Hambar rasanya kalau makanan tidak berasa pedas. Bagi sebagian orang memang makanan pedas dapat menjadi sebuah kebutuhan dalam menyantap kuliner, meskipun makanan pedas memiliki resiko untuk kesehatan apabila mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak, namun ternyata makanan pedas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa penelitian yang membuktikan bahwa makanan pedas bermanfaat untuk kesehatan.

Revolusi Ilmiah - Makanan pedas bagi kesehatan
Makanan pedas bagi kesehatan. (Foto : ceritamu)

5 Manfaat Makanan Pedas

Beberapa penelitian di Amerika dan menurut Ahli gizi di sana, makanan pedas memiliki manfaat untuk kesehatan, mulai dari Menjaga kesehatan jantung hingga Meningkatkan libido, dengan catatan konsumsi makanan pedas tersebut dalam jumlah cukup sesuai diet.

1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Chemical Society mengatakan bahwa kandungan capsaicin yang ada pada makanan pedas dapat membantu menurunkan kolesterol yang ada pada pembuluh darah, sehingga aliran darah dapat lebih lancar dan baik. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga dan mencegah penyakit jantung.

2. Mengatasi tumor

Lada dan cabai, menurut penelitian dalam The Journal of Clinical Investigation, merupakan bahan alami dan kimia pedas yang dapat dapat mengaktifkan reseptor-reseptor di lapisan usus, proses tersebut dapat mengurangi kejadian tumor. Selain itu, bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai analgesik (penghilang rasa sakit) untuk melemahkan saraf dan mengurangi nyeri. Efek yang lain adalah dengan mematikan reseptor yang memacu pertumbuhan tumor.

3. Menurunkan berat badan

Capsaicin pada makana pedas memberikan sensasi panas. Panas inilah yang menyebabkan peningkatan metabolisme pada tubuh. Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan, pria yang menyantap makanan pembuka dengan saus pedas mengkonsumsi 2000 kalori lebih sedikit dibandingkan rekan-rekannya yang tidak menambah saus pedas. Sehingga makanan pedas juga dapat membantu mengurangi porsi makan, dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi makanan pedas.

4. Membantu menurunkan Tekanan Darah

Peningkatan oksidasi nitric pada aliran darah dapat disebabkan oleh Capsaicin. Peningkatan tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan dan menurunkan tekanan darah. Makanan pedas yang dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat diantaranya cabai rawit.

Revolusi Ilmiah - Manfaat makanan pedas untuk pasangan suami istri.
Manfaat makanan pedas untuk pasangan suami istri. (Foto : ahmadjn)

5. Meningkatkan libido

Menurut penelitian Jurnal Food Research International makanan pedas semisal ginseng terbukti dapat meningkatkan libido pada pasangan suami isteri. Hal tersebut dilandasi kandungan pada makanan pedas dan metabolismenya dalam tubuh.
Demikian 5 manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh. Bagi pecinta makanan pedas jangan ragu dan takut untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Dan ternyata bahan-bahan alami, banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

You Might Also Like

0 comments

boleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow

note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!

Popular Posts

Contact Form