education

Fakta Mengenai Pulau Komodo!

12:49 Ardiya


Huuuiiyy…
Bli Fendy muncul lagi karena ada panggilan alam untuk ikut bersama Bli Jero Wacik mempromosikan Taman Nasional Pulau Komodo masuk ke dalam 7 KEAJAIBAN dunia!
Biasanya kalo belum pernah pergi secara langsung ke Pulau Komodo akan susah untuk membayangkan keindahannya. Jadi gampangnya gini aja deh, bayangin kalo keindahan alam disana hwaah banget, jauh lebih indah dari Bali.. Kalo belum pernah ke Bali juga, ini saatnya Anda membaca cerita pendek ini.
Buat yang tertarik ke Pulau Komodo, sebelum mulai ada bonus nih rute-rute untuk menuju Pulau Komodo dari segala arah, gampang kok, klo kata temennya Dora: ini aku peta!
Peta Wilayah Taman Nasional Komodo
Simpelnya, dari arah manapun kita datangnya yang pertama kita harus tuju adalah Labuhan Bajo di Pulau Flores. Setelah sampai sana terserah deh, mau pake cara PAHE (Paket Hemat) atau paket orang kaya, ada banyak pilihan untuk jasa transportasi penyewaan kapal lautnya disana.
Buat temen2 sebangsa selevel ekonomi, mungkin bisa coba nebeng di kapal penduduk yang digunakan untuk pergi ke pasar setiap harinya. Gratisss… ! Asal rela berbagi tempat dengan para ikan2 hasil tangkapan dan barang2 dagangan dipasar. Hehehee…
Atau coba juga TIPS buat yang bercita-cita jadi Pelaut : Pake rute laut dari Pelabuhan di Bali dijamin murah sangat.
Jadi sebenarnya ada 2 tujuan untuk bisa melihat ratusan komodo berkumpul, pertama ke Pulau Komodo dan kedua ke Pulau Rinca. Di pulau lainnya ada juga sih beberapa ekor komodo, cuma di dua pulau ini yang paling banyak komodonya.
Kalo mau ke Pulau Komodo, tujuan dari Labuhan Bajo diarahkan ke Loh Liang, sedangkan kalo mau ke Pulau Rinca tujuan diarahkan ke Pelabuhan Loh Buaya. Harga tiket masuknya sama untuk keduanya, sebesar 97 ribu rupiah (Biaya sumbangan untuk konservasi Rp. 75.000.- dan karcis Rp. 22.000.-,
Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, apa sih spesialnya binatang melata berliur yang satu ini dan habitatnya, sampai-sampai masuk sebagai salah satu kandidat Keajaiban dunia? Here, we will give you 7 awesome facts about Komodo that make it deserves to be granted as part of 7 Wonders.

1. Awesome (although bizarre) local folktale about Komodo…

Kalo Bali punya Greegor ’Pervert’ Krause, Taman Nasional Komodo dipromosikan ke Eropa oleh Alex Valenzuela yang menceritakan ulang legenda putri naga dalam karya seni berupa lukisan.
Cerita dikit ttg putri naga dulu yaa untuk sekedar informasi saja :
Alkisah jaman dahulu kala, di daerah Pulau Komodo ada seorang Putri Naga yang menikah dengan 2 orang saudara kembar, bernama Najo dan Bore. Dari kebiasaan berhubungan SEX trisum kedua suaminya ini, Putri Naga memiliki seorang anak laki-laki yang bernama Gerong dari suami pertama, dan seorang anak betina lainnya yang berwujud Naga yang diberikan nama Orah dari suaminya yang kedua.
Jadi inti ceritanya mengajarkan kalo berhubungan intim dari pantat itu beresiko bisa melahirkan anak KOMODO!
Efek salah pergaulan dan sex bebas (salah satu lukisan Alex Valenzuela)
Jadi dari jaman dahulu kala penduduk setempat sudah mempunyai kesadaran yang tinggi untuk meningkatkan pariwisata daerahnya sendiri. Mereka sadar bahwa komodo adalah kekayaan dunia dengan tidak memburu komodo.  Bahkan yang lebih lagi penduduk setempat sengaja membiarkan rusa berkeliaran agar bisa menjadi mangsa buruan buat para komodo.
Karena terdapat kesadaran yang tinggi seperti ini, bisa dijadikan alasan #1 kenapa pulau komodo termasuk layak untuk ditingkatkan menjadi daerah tujuan wisata internasional selanjutanya. Ayooo… Ayoo kita bantu penduduk lokal pulau komodo mempromosikan pariwisata daerahnya..  :)

2. Awesome appetite and eating capability.

Berbeda dengan makhluk pre-historic lainnya, kecoak, yang mampu hidup selama seminggu TANPA KEPALA dan akhirnya mati karena KELAPARAN, komodo adalah binatang yang jarang sekali kelaparan. Dia dapat makan hanya 12 kali dalam setahun!
Hal ini bukan dikarenakan Komodo rajin puasa, tapi lebih dikarenakan sistem metabolismenya yang lambat dan nafsu makannya yang kayak orang kesurupan. Reptil purba ini makan dengan menelan mangsanya bulat-bulat dalam potongan-potongan besar. Untuk mangsa berukuran kecil hingga sebesar kambing bisa jadi dagingnya dihabiskan sekali telan. Rahangnya yang dapat dikembangkan dengan leluasa, tengkoraknya yang lentur, dan lambungnya yang dapat melar luar biasa memungkinkan komodo menyantap mangsa yang besar, hingga sebesar 80% bobot tubuhnyasendiri dalam satu kali makan. Wow! Not best diet, eh? I guess..
And I can’t imagine how can komodo fit himself in his suit?? Oh yeah rite, real komodo doesn’t suit up and cause traffic jam.
Dan Komodo bukan lah binatang yang suka pilih-pilih makanan, komodo adalah binatang yang super RAKUS!! Ia makan apa saja yang ada disekitarnya, mulai dari serangga, avertebrata, monyet, babi hutan, kambing, rusa, kuda, mayat manusia, hingga anak-anaknya sendiri. (Wew, mungkin ini adalah cara komodo mengatasi masalah anak-anak yang rewel…). Hal ini menjadikan Komodo sebagai karnivora tuan rumah yang menduduki strata tertinggi rantai makanan di Pulaunya sendiri.

3. Kesetiaan luar biasa kepada pasangan.

Ehh, Seriously?? C’mon… when you are an animal, you will bang as many hotties as you want. Well, animal doesn’t marry, does it? You have that privilege, dude! YOU HAVE THAT PRIVILEGE!!
Saat musim kawin tiba, para pejantan akan saling bergulat memperebutkan betina. Layaknya pertandingan gulat, hanya saja tanpa ring, pemenang ditentukan dari siapa yang berhasil ‘mengunci’ lawannya di tanah.
Si pemenang akan mendekati betina, dan biasanya si betina akan jual mahal. Adalah resiko pejantan jika selama proses ‘foreplay’ si betina akan mencakar dan menggigit si pejantan. Maka tugas si pejantan adalah menundukkan dan sepenuhnya mengendalikan betina selama bersetubuh agar tidak terluka. It seems that WOT position is out of choice.. hahahaha..
Komodo hanya bertelur satu kali dalam setahun, yaitu pada bulan September dan membutuhkan waktu 7-8 bulan hingga menetas. Setiap kali bertelur komodo meletakkan 20 telur, yang kadang tidak semuanya menetas. Setelah lahir pun, komodo muda harus berjuang menghindari predator yang mengancam (umumnya adalah om dan tante mereka sendiri..). Maka komodo muda banyak menghabiskan hidupnya bersembunyi di atas pohon selama 3-5 tahun. Tapi setelah dewasa mereka akan menjadi raja dipulaunya selama 30-50 tahun ke depan.
Bertelur hanya 1x setahun, tidak seluruh telur menetas, saat muda diburu oleh yang lebih tua, dan hanya tidak menganut poligami!! Terang aja binatang setia ini menjadi makhluk langka di Dunia…
classic argument

4. Jika tidak ada pilihan lain, komodo betina dapat melahirkan sendiri pasangannya di kemudian hari.

Anda pasti berpikir dengan pola perkawinan seperti yang telah dijelaskan diatas, bagaimana mungkin komodo bertahan selama jutaan tahun cahaya sejak jaman prehistoric?
Siapkan kantong plastik karena anda pasti muntah mendengar hal ini:
Komodo betina dapat bertelur tanpa kontribusi sperma, melahirkan anak laki-laki untuk kemudiandikawini sendiri untuk melahirkan keturunan selanjutnya.
It's like a more bizarre version of Oedipus' story
Dengan keunikan genetik yang dimilikinya, binatang ajaib ini mampu berkembangbiak dari seekor binatang saja! Seekor hewan betina mungkin saja memasuki sebuah relung ekologi yang terisolasi (seperti halnya pulau) dan dengan cara partenogenesis kemudian menghasilkan keturunan jantan. Melalui perkawinan dengan anaknya itu di saat yang berikutnya hewan-hewan ini dapat membentuk populasi yang bereproduksi secara seksual, karena dapat menghasilkan keturunan jantan dan betina!
Berhubungan sex dari pantat (due to the legend.. *lol), beranak tanpa dibuahi, incest dengan anak-anaknya sendiri, believe it or not but those sexual disorder behavior preserve this awesome species from extinction!

5. Pulau komodo punya pemandangan prehistorik yang AJAIB!

Selama perjalanan menuju ke pulau komodo, kita seakan-akan sedang berada di lokasi syutingnya Lord Of The Ring, karena dari awal kita disuguhkan dengan pemandangan kepulauan vulkanis seperti masuk ke jaman purbakala. Oiya, penduduk di wilayah Taman Nasional Komodo cuma 4000 jiwa, dikit banget yaa? Makanya bli bilang kayak tempat syutingnya film Lord of The Ring.
Tempat syutingnya film Lord of The Ring di Pulau Komodo
Pulau Komodo juga punya pantai yang pasirnya berwarna PINK, Pulau Bidadari yang senantiasa dikelilingin lumba-lumba, dan Pulau Kalong dengan ribuan Batmannya.
Taman nasional pulau komodo bisa menjadi tujuan wisata yang bisa dibanggakan di dunia internasional. Keindahan biota laut, udara, dan darat, menjadi pelengkap untuk menjadikan Pulau Komodo diajukan sebagai surga dunia.
Beberapa lokasi di pulau komodo adalah potensi untuk menyewakan perlengkapan snorkling dan diving, dijamin pasti kedepannya akan menghasilkan untung yang besar. Atau buat paket wisata melihat sekumpulan lumba-lumba berenang-renang di tengah lautan, syaratnya mungkin harus mengetahui dulu prilaku lumba2 dimana dan jam berapa sekumpulan lumba-lumba biasa keluar untuk mencari makan.
Poin ini menjadi alasan yang bisa di-’waah’-kan juga untuk menarik pariwisata ke Pulau Komodo.
Please meet new indonesian paradise: Komodo island...

6. Minimnya kesiapan Indonesia dalam mempersiapkan INFRASTRUKTUR pulau komodo

FYI, Secara Bule tuh banyak duidnya, jadi kalo liburan maunya di hotel mewah, transportasi nyaman.. Naik pesawat ngeeeenng.. langsung nyampai hotel. Sorenya tinggal minum tequilla sambil nontonin komodo beranak pinak. Alcohol and Free Porn in afternoon, marvelous hospitality!
Nahh, yang terjadi di Pulau Komodo? Udah komodo-nya susah diliat, perjalanan dan tempat istirahatnya gak nyaman pula. Yang ada malah sebaliknya semakin memperburuk citra pariwisata Indonesia.
Selain, infrastrukrur pariwisata, infrastruktur sosial seperti fasilitas listrik dan pendidikan pun sangat rendah. Rata-rata jenjang pendidikan penduduk setempat cuma setingkat SD. Sebagian besar pekerja di Taman Nasional Komodo ini bukan penduduk asli Pulau Komodo, pegawai yg penduduk asli katanya gak lebih dari 10 orang, (katanya sih cuma 5 orang).
Ini nih yang paling miris, listrik untuk penduduk setempat hanya menyala dari jam 18:00 sampai dengan jam 24:00, ini bukan pemadaman bergilir lohh, emang udah ada jadwalnya sperti itu. Bayangkan cuma 6 jam, jek.. Orang Jakarta bisa gk yaa hidup cem jaman Belanda baru menjajah Indonesia kayak gini? Ok, seriously Govt, you’re going too much… C’moonn.. Komodo island may have prehistoric environtment, but doesn’t mean that its people must live like retarded Megantrophus paleojavanicus.
Hey, para lulusan elektro yang hidup nyaman di kota-kota besar dan makan gaji bulanan!! Please do something...

7. CUMA BUTUH 100 JUTA SMS UNTUK TERPILIH JADI NEW 7WONDERS

Dan sekedar informasi beberapa hari yang lalu mantan wakil presiden kita, Bapak Jusuf Kalla dinobatkan secara resmi sebagai Duta Besar Pulau Komodo untuk memperjuangkan habitat kadal raksasa ini masuk menjadi tujuh keajaiban dunia. Dan menurut beliau, penduduk indonesia yang punya Hp itu sampai 140 juta orang, jadi jika sebagian besar aktif mengirim sms, nantinya Taman Nasional Pulau Komodo bisa jadi kebanggaan dunia dalam waktu singkat.
Logikanya kalo masuk new 7wonders, nanti bakal tambah banyak bule yang bakal penasaran dengan Pulau Komodo. Semakin banyak bule, roda industri pariwisata penduduk lokal makin bergerak, otomatis kesejahteraannya akan meningkat dengan sendirinya.. Woow.. woow.. Wooow..
Iklan dulu : Ketik Komodo kirim ke 9818! Inga!! Inga! Inga. Batas waktu perhitungan suara sampai tanggal 11 November 2011 (11-11-11)
Akhir kata penulis berharap diiringi dengan sembah sujud dengan SI KOMO agar semua temen2 pembaca disini rela juga dipotong pulsanya untuk mengirim sms ke 9818 dengan mengetik KOMODO.

Bli Fendy adalah mahasiswa elektro yang cuma suka nuntut ke temen2 yang kerja di PLN untuk secepat mungkin memberikan keadilan buat kelistrikan di Indonesia bagian timur, Kalimantan Sulawesi, dan sekitarnya. Anda dapat menemuinya di twitter.
Bli Fendy bertekad akan mendukung penuh terpilihnya pulau Komodo sebagai new 7 Wonders. Untuk setiap ‘Like’ yang kamu berikan, akan membantu promosi Pulau Komodo di FB kamu. Sebarkan artikel ini ke teman kamu kalau kamu peduli.
sumber:
http://theposkamling.com/7-fakta-ajaib-yang-kamu-belum-tahu-tentang-komodo-dan-habitatnya/2/

You Might Also Like

0 comments

boleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow

note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!

Popular Posts

Contact Form