Pengaruh
Game Online Bagi Pelajar
BAB
I PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam 10 tahun terakhir,
permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online telah
mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita lihat di kota-kota besar,
tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center yang muncul.
Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet, mereka memiliki pelanggan
tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi.
Game saat ini tidak seperti
game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang,
sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa
dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Walaupun game ditujukan
untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan
tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan
dari bermain game.
Game Online juga membawa
dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang.
Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya,
Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan
sebenarnya.
Rumusan
Masalah
Bedasarkan latar belakang
yang ada diatas kami merumuskan masalah yang akan kami bahas yaitu
1. Apa
Pengertian dari game Online ?
2. Bagaimana
Sejarah dan Perkembangan Game Online ?
3. Apa
saja Tipe-tipe Game Online?
4. Bagaimana
Dampaknya?
D.MANFAAT
PENELITIAN
DAMPAK
BAIK DAN BURUK DARI GAME ONLINE
Game online muncul tidak
hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga
terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama.
Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di
amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan
bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan
petualangannya di dunia maya.
Akan tetapi dari segi
bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran
games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu
games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka
pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada
otak anak seperti yang dilansir ketok.com.
BAB
II Landasan Teori
PENGERTIAN
DARI GAME ONLINE
Game Online atau sering disebut Online Games adalah
sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN
maupun Internet).
SEJARAH
DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan game online
sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan
computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari
pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network)
sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat
ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama
kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa
dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan
kemampuan time-sharing sehingga
pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus
berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun 1970 ketika
muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking),
jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan
menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game
simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang
akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi
game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari
demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat
BAB
IV
HASIL
PENELITIAN
PERKEMBANGAN
GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut Ligagame
Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001,
dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia
sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun
RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar
di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia
dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online
yang hadirl di Indonesia:
Nama Games
|
Muncul Tahun
|
Pemegang Lisensi
|
Tipe Game
|
Tipe grapis
|
Status
|
Nexia
|
2001
|
BolehGame
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2004
|
RedMoon
|
2002
|
-
|
RPG
|
2,5D
|
Ditutup thn 2005
|
Laghaim
|
2003
|
Boleh Game
|
RPG
|
3D
|
Ditutup thn 2006
|
Ragnarok
|
2003
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
GunBound
|
2004
|
Boleh Game
|
Action RPG
|
3D
|
Masih
|
Xian
|
2004
|
Boleh Game
|
Strategy RPG
|
3D
|
Masih
|
Risk Your Life
|
2004
|
Dream Web Tech
|
Action RPG
|
3D
|
Masih
|
Tantra
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Survival Project
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2006
|
GetAmped
|
2005
|
Lyto
|
RPG
|
2,5D
|
Masih
|
Stargate
|
2005
|
Borneo X
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2006
|
TS
|
2005
|
Global World Technology
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2008
|
O2jam
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
Musical
|
3D
|
Masih
|
Pangya
|
2005
|
Boleh Game
|
Sport
|
3D
|
Ditutup thn 2008
|
Knight
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
RPG
|
3D
|
Ditutup thn 2007
|
Vital Sign
|
2005
|
-
|
FPS
|
3D
|
Ditutup thn 2007
|
SEAL
|
2006
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
RAN
|
2006
|
Jaspace
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Deco
|
2006
|
Playon
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
AyoDance
|
2006
|
Maxus Infotech
|
Musical
|
3D
|
Masih
|
DOMO
|
2007
|
Datakom Wijaya Pratama
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Angle Love
|
2007
|
WaveGame
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Rising Force
|
2007
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Ghost
|
2007
|
Kreon
|
RPG
|
2D
|
Masih
|
Selain game diatas, ada juga game-game seperti Warcraft,
Counterstrike, Age Of Empire, Need For Speed Series yang juga banyak menyita
perhatian para gamer di Indonesia walaupun tidak sebesar game – game yang
disebutkan diatas. Contohnya Countersrtike lebih iast dimainkan pada mode LAN
dibandingkan internet karena latencynya yang besar dan servernya kurang cepat
sehingga sewaktu bermain game ada jeda membuat gamers menjadi tidak nyaman, begitu
juga halnya dengan Warcraft dan Age of empire.
TIPE-TIPE
GAME ONLINE
·
First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya
game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah
kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil
setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di iaster game jenis ini
sering disebut game tembak-tembakan).
·
Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya
menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak
hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
·
Cross-Platform Online, merupakan game yang
dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need
for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox
360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet
sehingga dapat bermain secara online).
·
Browser Games, merupakan game yang dimainkan
pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat
memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun
flash.
·
Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang
skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung
seperti halnya dunia nyata
Bedasarkan
teknologi grapis
ü 2 Dimensi,
game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak
membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat
apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang
mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D
akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.
ü 3 Dimensi,
game bertipe 3 Dimensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam
penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan
kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita ias melihat secara keseluruhan
dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi iaster yang
lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara
sempurna.
Bedasarkan
cara pembayaran
Maksud dari cara pembayaran ini adalah bagaimana
perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini
games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
A. Pay
Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang ias diinstall
atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada
pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada
permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh:
Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
B. Pay
per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat
diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila
yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan
memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.
BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam perjalanannya, games online telah menjalani
perkembangan yang pesat, baik dari segi teknologinya mulai dari dahulu hanya
dipakai oleh militer untuk keperluan militer hingga bisa menjadi industri
maupun dari ragam jenisnya. Games online juga sudah mempengaruhi cara kita
bersosialisasi dengan orang lain. Games online membuat kita dapat berinteraksi
secara tidak langsung dengan orang lain. Akan tetapi efek dari keranjingan
games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing bagaimana
cara mengontrolnya.
SARAN
BAB
IV DAFTAR PUSTAKA
1. http://en.wikipedia.org/History
of Online Games
2. http://en.wikipedia.org/Online
Games
3. http://www.ketok.com/
4.
Jessica Muligan , History Of Game Online,Februari
2000. http://imaginaryrealities.imaginary.com/
5.
http://www.ligagames.com/sejarah-perkembangan-games-online-di-indonesia
1 comments
game online ada untuk melatih para cheater
ReplyDeleteboleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow
note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!