biograpi artis education

5 Pionir Grandmaster Catur Dunia...!

16:13 Ardiya

Gelar “Grandmaster” pertama kali secara resmi dianugerahkan oleh Tsar Nikolai II dari Rusia, pada tahun 1914 kepada lima pemain yaitu (Lasker, Capablanca, Alekhine, Tarrasch dan Marshall), yang menjadi finalis dalam sebuah turnamen di Saint Petersburg yang sebagian dananya didukung oleh Tsar. Turnamen ini dimenangi oleh Lasker yang unggul atas Capablanca. Berikut uniknya.com tampilkan profil kesemuanya:

1. Emanuel Lasker
(24 December 1868 – 11 Januari 1941)
Emanuel Lasker adalah matematikawan, filsuf yang juga juara dunia catur asal Jerman selama 27 tahun lamanya. Lasker disebut-sebut sebagai pemain catur yang paling dominan hingga kini, dan dianggap sebagai salah satu pemain terkuat yang pernah ada.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ...Tutup
Emanuel Lasker (Sumber: amazonaws.com,uniknya.com)

2. José Raúl Capablanca y Graupera
(19 November 1888 – 8 Maret 1942)
Capablanca adalah seorang pemain catur kelas dunia asal Kuba, yang memegang gelar juara catur dunia dari 1921 hingga 1927. Capablanca yang disebut oleh banyak sejarahwan catur sebagai Mozartnya catur, adalah seorang jago catur yang kecerdasannya sudah terlihat sejak ia masih kecil. Capablanca mempelajari aturan-aturan permainan catur pada usia empat tahun dengan menyaksikan ayahnya bermain.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ...Tutup
José Raúl Capablanca y Graupera (Sumber:ajedrezencuba.com)

3. Alexander Alexandrovich Alekhine
(31 Oktober 1892 – 24 Maret 1946)
Alexander Alexandrovich Alekhine adalah grandmaster catur Rusia dan Juara Dunia Catur yang keempat. Ia dikenal dengan gaya serangan yang ganas dan imajinatif.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ...Tutup
Alexander Alexandrovich Alekhine (sumber: tenorama.com,uniknya.com)

4. Siegbert Tarrasch 
(5 Maret 1862 - 17 Februari 1934)
Siegbert Tarrasch adalah salah satu pemain catur terkuat dan guru catur yang paling berpengaruh dari abad ke-19 dan awal abad 20. Tarrasch lahir di Breslau (Wrocław), Silesia, Prusia . Setelah menamatkan sekolahnya, pada tahun 1880, ia meninggalkan Breslau untuk belajar kedokteran di Halle. Kemudian dia meninggalkan sebagian besar hidupnya di Nuremberg, Bavaria, dan kemudian di Munich.
Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ...Tutup
Siegbert Tarrasch (sumber: ggpht.com,uniknya.com)

5. Frank James Marshall
(10 Agustus 1877 – 9 November 1944)
Frank James Marshall adalah Juara Catur AS 1909-1936, dan merupakan salah satu pemain terkuat catur di dunia di awal abad ke-20. Marshall dikenal untuk keterampilan taktis-nya yang kuat. Salah satunya adalah  adalah ” Tipuan Marshall “.(**)

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar ...Tutup
Frank James Marshall (Sumber: chesshistory.com,uniknya.com)

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, Desember 2011
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

You Might Also Like

0 comments

boleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow

note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!

Popular Posts

Contact Form