education sejarah dunia

Sejarah Batik (History of Batik)

14:49 Ardiya


Sejarah Batik
·         Batik adalah teknik dan cara pembuatan bahan pakaian ,termasuk proses dan penggunaan motif yang setiap daerah berbeda-beda.Secara Historis sejak abad XVII oleh nenek moyang kita,awalnya batik dilukis dan di tulis di atas daun lontar.Motif batik juga terbatas yaitu seputar hewan dan tumbuh-tumbuhan.Seiiring waktu mulai tercipta batik abstrak,awan,candi,dan wayang sebagai perkembangan corak pakian dan seni dekorasi. Awalnya penggunaan batik sebagai pakaian hanya di gunakan oleh lingkungan keratin.Tetapi karena banyak diantara mereka tinggal di luar keratin,maka penggunaan batik meluas.
·         Di Indonesia ,batik dikenal sejak zaman Majapahit dan sangat popular di akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang di hasilkan saat itu adalah batik tulis sampai awal abad XX. Batik cap baru dikenal setelah tahun 1920 setelah  perang dunia 1.
·         Batik Pertama kali di Perkenalkan di dunia oleh Presiden Soeharto yang Memaki batik di konferensi PBB.Batik oleh UNESCO ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2 Oktober 2009.
Ditulis oleh:Ardiya Fardhan P
Sumber:berbagai tempat….

You Might Also Like

0 comments

boleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow

note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!

Popular Posts

Contact Form