Astronom terkenal Astronomi

Tycho Brahe

06:01 Ardiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mauerquadrant (Tycho Brahe 1598)
Tycho Brahe (lahir di Knudstrup, Denmark, 14 Desember 1546 – meninggal di Praha, Bohemia (sekarang Ceko), 24 Oktober 1601 pada umur 54 tahun) adalah seorang bangsawan Denmark yang terkenal sebagai astronom/astrolog (kedua bidang ini belum dibedakan waktu itu) dan alkimiawan. Ia memiliki sebuah observatorium yang dinamai Uraniborg, di Pulau Hven, di Selat ├śresund yang menjadi "lembaga penelitian" awalnya.
Tycho adalah astronom pengamat paling menonjol di zaman pra-teleskop. Akurasi pengamatannya pada posisi bintang dan planet tak tertandingi pada zaman itu.
Untuk penerbitan karyanya, Tycho memiliki mesin cetak dan pabrik kertas. Asistennya yang paling terkenal adalah Johannes Kepler. Setelah kematiannya, catatan-catatannya mengenai gerak Planet Mars membuat Kepler menemukan tiga hukum pergerakan planet yang menyokong teori heliosentris.

[sunting] Bacaan lebih lanjut

  • John Robert Christianson: On Tycho's Island: Tycho Brahe, science, and culture in the sixteenth century (Cambridge University Press, 2000) (ISBN 0-521-65081-X) (xii, 451 p. : ill., maps)
  • Mary Gow: Tycho Brahe : Astronomer (Berkeley Heights, NJ : Enslow Publishers, 2002) (ISBN 0-7660-1757-5) (128 p. : ill.)
  • Victor E. Thoren: The Lord of Uraniborg: a biography of Tycho Brahe (Cambridge University Press, 1990) (ISBN 0-521-35158-8) (520pp)

[sunting] Pranala luar

[sunting] Dinamai menurut namanya


You Might Also Like

0 comments

boleh komen ,asal pakai hati ya...dan blog ini sudah dofollow

note:blog ini tidak membatasi orang yang berkomentar dengan nama Anonymous, seperti blog yang lain,jadi silahkan berkomentar sesuka hati ..!

Popular Posts

Contact Form